Menu

Mode Gelap
Serap Aspirasi Masyarakat Hj. Nur Azizah Tamhid Gelar Diskusi Publik Hubungan Pusat Dan Daerah Camat Purwokerto Timur Targetkan Imunisasi 95 Persen Antisipasi KLB Polio cVDPV2 Solidaritas Seribu Pemuda Kota Bekasi Akan Hadiri Orasi Politik Caleg Afrizal dan Romi Bareno Pj Wali Kota Bekasi Klarifikasi Terkait Isu Netralitas ASN Partai Ummat Desak Bawaslu Serius Tangani Indikasi Ketidaknetralan ASN Kota Bekasi

Hukum & Kriminalitas · 18 Nov 2021 14:57 WIB ·

Inisiator Perda Pesantren Minta Bagian Hukum Jabar Segera Menyelesaikan Proses Harmonisasi


 Inisiator Perda Pesantren Minta Bagian Hukum Jabar Segera Menyelesaikan Proses Harmonisasi Perbesar

SILUMANEWS.COM – Keberadaan Perda Pesantren di Kota Bekasi akan menjadi angin segar bagi pimpinan pondok pesantren. Pasalnya, draf pembahasan Raperda Pesantren melalui Pansus 19 DPRD Kota Bekasi telah dikirim ke Bagian Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan sedang dipelajari setelah kemudian, diserahkan kembali ke DPRD Kota Bekasi untuk disahkan dalam rapat paripurna.

Adalah Ahmad Ushtuchri, Anggota DPRD Kota Bekasi Dapil II Bekasi Utara itu, sosok sebagai inisiator pencetus agar Kota Bekasi memiliki Perda Pesantren. Dalam berbagai kesempatan, Ushtuchri yang juga cucu dari kiai Karismatik di Kota Bekasi, yakni alm KH. Muchtar Tabrani cukup vokal agar Kota Patriot ini harus memiliki Perda Pesantren.

“Selama ini tak ada yang mengatur alokasi bantuan untuk pesantren. Kalau pun ada bantuan untuk pesantren seperti melalui hibah, tak terlalu luas cakupan bantuan yang dirasakan pondok pesantren,” jelas Ushtuchri yang juga Anggota Komisi I DPRD Kota Bekasi, Rabu (17/11/2021).

Ushtuchri menegaskan, melalui perda pesantren nantinya dapat secara lebih luas manfaat bantuan yang akan dirasakan pimpinan pondok pesantren untuk meningkatkan mutu pendidikan bahkan sarana prasarana pendukung lainnya dan pondok pesantren di Kota Bekasi akan semakin maju.

“Kita berharap adanya perda pesantren ini, pertanda dunia pesantren di Kota Bekasi semakin bangkit. Apalagi kita di Jawa Barat daerah pertama yang membahas perda pesantren ini,” tandasnya.

“Ini juga kita mohon, jangan sampai penyaluran bantuan anggaran ini dengan dalih biaya administrasi justru pondok pesantren tidak mendapat anggaran bantuan full. Dan ini seharusnya, anggaran apapun itu dengan dalih biaya administrasi sudah diatur,” sambung Ushtuchri yang juga Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Bekasi.

Pembahasan Perda pesantren ini, juga disambut baik oleh seluruh pimpinan pondok pesantren di Kota Bekasi. Seperti terlihat saat menggelar rapat dengar pendapat, Pansus 19 DPRD Kota Bekasi bersama pimpinan pondok pesantren pada Senin (11/10) terlihat peserta rapat antusias menyampaikan pendapatnya.

“Perda ini atau nanti melalui Perwal juga harus jelas, nilai bantuan yang diberikan kepada kami di pondok pesantren. Agar semuanya diatur dengan seadil-adilnya,” tandas salah seorang peserta rapat.

Sebelumnya, melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren diteken pada 2 September 2021 pada Pasal 3 dijelaskan, bahwa pendanaan penyelenggaraan pesantren dikelola untuk pengembangan fungsi pesantren meliputi fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan sumber pendanaan penyelenggaraan pesantren diatur di Pasal 4. Berikut selengkapnya:

Pendanaan penyelenggaraan Pesantren bersumber dari:
a. Masyarakat;
b. Pemerintah Pusat;
c. Pemerintah Daerah;
d. Sumber lain yang sah dan tidak mengikat; dan
e. Dana Abadi Pesantren. (*)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Baca Lainnya

Marak Tawuran Remaja Di Bekasi, Heri Koswara Minta Pemkot Bekasi Buat Gebrakan

30 Mei 2024 - 07:52 WIB

Tega Banget, Pencuri Spesialis Gasak Motor Buruh Bangunan Di Bekasi

25 Mei 2024 - 21:35 WIB

Curanmor di Tambun Beraksi Pagi-pagi, Pemiliknya Baru Beli hasil Gaji Setahun

25 Mei 2024 - 11:18 WIB

Aksi Curanmor Di Tambun Selatan Bekasi Kembali Terjadi

23 Mei 2024 - 20:57 WIB

FPKS Raih Penghargaan TPR Award, Heri Koswara: Kita Turut Senang dan Bangga

11 Mei 2024 - 10:55 WIB

Muzani Hadiri Kontes Sapi APPSI, Singgung Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

7 Mei 2024 - 05:19 WIB

Trending di Politik