Menu

Mode Gelap
Serap Aspirasi Masyarakat Hj. Nur Azizah Tamhid Gelar Diskusi Publik Hubungan Pusat Dan Daerah Camat Purwokerto Timur Targetkan Imunisasi 95 Persen Antisipasi KLB Polio cVDPV2 Solidaritas Seribu Pemuda Kota Bekasi Akan Hadiri Orasi Politik Caleg Afrizal dan Romi Bareno Pj Wali Kota Bekasi Klarifikasi Terkait Isu Netralitas ASN Partai Ummat Desak Bawaslu Serius Tangani Indikasi Ketidaknetralan ASN Kota Bekasi

Hukum & Kriminalitas · 15 Agu 2022 20:11 WIB ·

Seminar Peran umat Islam dalam Kemerdekaan, Karnoto serukan persatuan umat


 Seminar Peran umat Islam dalam Kemerdekaan, Karnoto serukan persatuan umat Perbesar

SILUMANEWS.COM – Memaknai 77 tahun Indonesia merdeka PC Pemuda Persis Cibatu selenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Peran Umat Islam Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia” bertempat di mesjid kampus PPI 81 Cikarag Cibatu. Hadir sebagai pembicara KH Teten Romly Q, MA (MUI Pusat), Karnoto SKep MSi (Syarikat Islam), H Imron Abdul Razak MSi (PW NU Jabar), Dedi Jamaludin SHI (PP Persis). Seminar juga dihadiri ratusan tokoh dari berbagai ormas Islam, tokoh masyarakat, aparatur pemerintah, para guru dan siswa sekolah setempat.

Acara seminar yang diselenggarakan pada Ahad pagi (14/8) diawali dengan Keynote speech oleh Bupati Garut yang diwakili Kepala Kesbangpol.

“Kemerdekaan Indonesia tidak bisa terlepas dari peran umat Islam, ada sederet nama para ulama, santri dan tokoh Islam yang dengan gigihnya telah berjuang memerdekakan Indonesia dari tangan penjajah”. Jelas Kepala Kesbangpol Drs. H. Nurodin MSi.

Menjadi pembicara pertama Karnoto paparkan sejarah perjuangan bangsa, “Ingatlah pesan Bung Karno ‘Jasmerah’. Jangan sekali kali melupakan sejarah. Sebuah realitas bahwa umur umat jauh lebih tua dari umur negara. Dan umat Islam lah pemilik saham terbesar yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.” Papar Karnoto yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Garut.

Lebih lanjut Karnoto memaparkan kiprah para tokoh Islam yang tampil dalam panggung sejarah, yakni Para ulama yang berasal dari ormas-ormas dan Kesultanan Islam seperti HOS Cokroaminoto, KH Agus Salim, KH Ahmad Dahlan, KH Hasyim Asy’ari, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, KH Muh. Natsir, Cut nyak Dien, Kihajar Dewantara, Sultan Hasanuddin dll.

Menjawab pertanyaan audien tentang Kenapa umat Islam selalu hanya menjadi pendorong mobil mogok, umat Islam yang berjuang tapi orang lain yang menikmatinya. KH Teten Romly menjawab,”Inilah pentingnya kita belajar sejarah. Perbedaan pemikiran yang tajam dikalangan ulama yg berujung perpecahan harus segera diakhiri. Dulu Islam pernah berjaya memenangi Pemilu saat bersatu dalam Masyumi. Namun saat Masyumi pecah, dan ulama berjuang dengan bendera masing-masing. Hingga hari ini peran umat Islam termarjinalkan. Oleh karena itu hari ini MUI Pusat berupaya terus mempersatukan kembali para tokoh Islam.” Terang Teten Romly gamblang

Hal senada juga disampaikan oleh Karnoto dalam diskusi, “Melalui seminar ini mari kita Galang persatuan umat. Mari satukan gerak langkah dan pemikiran. Cerita sukses Masyumi masa lalu harus kembali hadir di tengah kita hari ini dalam mengisi Kemerdekaan. Dan terima kasih PC Pemuda Persis Cibatu sudah menghimpun tokoh NU, Persis, Syarikat Islam dan MUI dalam seminar hari ini. Ini adalah awal yang baik bagi perjuangan Islam dan Indonesia kedepan.” Jelas Karnoto mengakhiri diskusi.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Baca Lainnya

Marak Tawuran Remaja Di Bekasi, Heri Koswara Minta Pemkot Bekasi Buat Gebrakan

30 Mei 2024 - 07:52 WIB

Tega Banget, Pencuri Spesialis Gasak Motor Buruh Bangunan Di Bekasi

25 Mei 2024 - 21:35 WIB

Curanmor di Tambun Beraksi Pagi-pagi, Pemiliknya Baru Beli hasil Gaji Setahun

25 Mei 2024 - 11:18 WIB

Aksi Curanmor Di Tambun Selatan Bekasi Kembali Terjadi

23 Mei 2024 - 20:57 WIB

Viral Di Medsos Bawa Clurit Hendak Tawuran, 14 Bocah Bekasi Diamankan Polsek Tarumajaya

17 April 2024 - 06:10 WIB

Awal Ramadan Ketua DPC KAI Bandar Lampung Gelar Program Bantuan Hukum Gratis Untuk Masyarakat

11 Maret 2024 - 23:25 WIB

Trending di Berita