Menu

Mode Gelap
Serap Aspirasi Masyarakat Hj. Nur Azizah Tamhid Gelar Diskusi Publik Hubungan Pusat Dan Daerah Camat Purwokerto Timur Targetkan Imunisasi 95 Persen Antisipasi KLB Polio cVDPV2 Solidaritas Seribu Pemuda Kota Bekasi Akan Hadiri Orasi Politik Caleg Afrizal dan Romi Bareno Pj Wali Kota Bekasi Klarifikasi Terkait Isu Netralitas ASN Partai Ummat Desak Bawaslu Serius Tangani Indikasi Ketidaknetralan ASN Kota Bekasi

Politik · 21 Mei 2022 17:28 WIB ·

Analis Politik : Pasangan Anies – Dr Salim Kombinasi Ideal untuk 2024


 Analis Politik : Pasangan Anies – Dr Salim Kombinasi Ideal untuk 2024 Perbesar

SILUMANEWS.COM- JAKARTA – Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dr Salim Segaf Al Jufri dinilai pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi berpotensi besar untuk menjadi calon wakil presiden yang berpasangan dengan Anies Baswedan. Menurutnya, mantan Menteri Sosial RI ini punya banyak pengalaman dan tidak kalah dibandingkan dengan Wakil Presiden Indonesia saat ini Ma’ruf Amin.

“(Dr Salim) bisa mengisi kekosongan di kelompok agama, menghilangkan benturan yang agak keras antara Pancasila dengan Islam, demokrasi dengan Islam, dan nasionalis dengan Islam sehingga tidak terlalu mengental dan lebih cair. Kekosongan (figur) kelompok religius bisa diambil dari kalangan santri dan ulama,” tuturnya saat dihubungi di Jakarta.

Selama ini, tuturnya, PKS hanya mengusung kader eksternal dan bukan kader internal. Sementara partai-partai lain saat ini mengajukan kader-kader mereka sendiri karena sudah tidak ada petahana di 2024.

“Tantangannya adalah bagaimana menjadi orang yang populis. Memosisikan diri sebagai seorang negarawan, yang bisa mengakomodir semua kelompok masyarakat dan melindungi minoritas dan juga mayoritas. Dan modal pertama adalah elektabilitas. Kalau tren beliau bagus, maka akan punya data tarik tersendiri,” ungkapnya.

Menurutnya, jika Dr Salim dipasangkan dengan Anies Baswedan sebagai capres-cawapres 2024, maka kombinasi sipil-ulama akan sangat dominan dan ideal. Kombinasi seperti ini masih relevan dengan pemilu sebelumnya di mana Ma’ruf Amin lebih dipilih dibandingkan Mahfud MD.

“Anies-Salim adalah pasangan sipil dan ulama, dan ini bagus. Jika Anies direpresentasikan sebagai kelompok nasionalis, maka koalisinya adalah nasionalis-relijius.”

Dihubungi secara terpisah, mejelang perayaan Milad 20 PKS yang akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta tanggal 29 Mei nanti, Dr Salim menegaskan bahwa acara akbar yang akan menghadirkan 10 ribu kader ini bukan sekedar konsolidasi internal, melainkan juga konsolidasi nasional. Harapannya, PKS bisa menjadi magnet pemersatu bagi seluruh elemen-elemen bangsa yang punya komitmen untuk membangun negeri ini ke depannya.

“Kami mengundang teman-teman dari partai lain, termasuk juga pengurus pusat Muhammadiyah dan NU sebagai ormas terbesar di Indonesia. Kami akan berbagi panggung dengan mereka, dan meminta mereka memberi masukan-masukan untuk PKS agar bisa berkontribusi lebih besar lagi untuk Indonesia,” ungkapnya.

Mengenai konstelasi pemilu 2024, Dr Salim menegaskan bahwa substansi pemilu dan pilpres adalah perang gagasan dan adu ide. Ia tidak melihat pemilu dan pilpres sebagai ajang saling berhadap-hadapan antarkelompok politik. Lebih dari itu, ia menilai bahwa hajatan nasional lima tahun sekali itu sebagai bagian dari keharusan sejarah untuk membuat bangsa Indonesia menjadi lebih matang.

“Semakin sering kita berkompetisi secara sehat melalui pemilu, pilpres dan pilkada, maka efek domino yang akan dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah semakin cerdas, kritis dan melahirkan anti tesis-anti tesis baru yang nantinya bisa menjadi sumbangsih bagi kemajuan bangsa,”tutupnya.

Dr Salim sendiri akan bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di momen Milad PKS tanggal 29 Mei 2022 nanti.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Baca Lainnya

FPKS Raih Penghargaan TPR Award, Heri Koswara: Kita Turut Senang dan Bangga

11 Mei 2024 - 10:55 WIB

Muzani Hadiri Kontes Sapi APPSI, Singgung Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

7 Mei 2024 - 05:19 WIB

Solidaritas Seribu Pemuda Kota Bekasi Akan Hadiri Orasi Politik Caleg Afrizal dan Romi Bareno

10 Januari 2024 - 18:56 WIB

Survey Meningkat, Almuzzammil Yusuf Sebutkan Isyarat Oposisi PKS Didukung Publik

30 Desember 2023 - 08:16 WIB

Peringatan Bawaslu Dicuekin, Baliho Caleg Langgar Aturan Di Depan Kantor Pemkot Bekasi

12 November 2023 - 09:44 WIB

Politisi PDI-P Kawal Perkembangan Carut Marut Data Kependudukan Kota Bekasi

10 November 2023 - 21:47 WIB

Trending di Politik