Menu

Mode Gelap
Serap Aspirasi Masyarakat Hj. Nur Azizah Tamhid Gelar Diskusi Publik Hubungan Pusat Dan Daerah Camat Purwokerto Timur Targetkan Imunisasi 95 Persen Antisipasi KLB Polio cVDPV2 Solidaritas Seribu Pemuda Kota Bekasi Akan Hadiri Orasi Politik Caleg Afrizal dan Romi Bareno Pj Wali Kota Bekasi Klarifikasi Terkait Isu Netralitas ASN Partai Ummat Desak Bawaslu Serius Tangani Indikasi Ketidaknetralan ASN Kota Bekasi

Gaya Hidup · 23 Feb 2022 12:18 WIB ·

Ketua DPRD Sosialisasikan Smart City Kota Bekasi


 Ketua DPRD Sosialisasikan Smart City Kota Bekasi Perbesar

SILUMANEWS.COM – Ketua DPRD Kota Bekasi, Ir. H. Chairoman J. Putro, B. Eng., M.Si., menjadi Narasumber sosialiasi Perda Kota Bekasi No.02, Tahun 2020, Tentang Penyelenggaraan Kota Cerdas di Kota Bekasi kepada para ASN pelaksana, di ruang Nonon Sountanie, (22/2/2022).

Turut hadir dalam acara sosialisasi tersebut adalah Asda 1 yang memberikan sambutan pengarahan, juga Kadis Kominfo Kota Bekasi yang ikut menjadi narasumber.

Sosialisasi dilakukan dalam upaya percepatan implementasi Perda Kota Cerdas, sebab implementasi perda ini belum sesuai dengan harapan. Tak hanya itu implementasi pelaksanaannya hampir bisa dikatakan stagnan atau belum optimal sejak tahun 2020 hingga 2021.

Chairoman mengajak untuk sama-sama mengimplementasikan, sebab kunci dari implementasi perda tersebut adalah paradigma dan mindset SDM para stakeholder harus berubah untuk mewujudkan smart city di Kota Bekasi.

Seperti disampaikan oleh Chairoman, jika perda ini diimplementasikan tentu hal ini adalah upaya agar Pemerintah Kota Bekasi dapat mengelola berbagai sumber daya secara efektif dan efisien, dan untuk dapat menyelesaikan berbagai tantangan kota dengan menggunakan solusi yang inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan, serta dalam rangka tata kelola pemerintahan yang baik, layanan public, pengelolaan lingkungan sehat dan bersih, peningkatan ekonomi, ketersediaan infrastruktur serta berbagai layanan lainnya yang harus diwujudkan.

“Tak lain hal ini guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat, yang difasilitasi oleh pemerintah sebagai upaya memberikan kepuasan kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kota Bekasi kedepan,” ujar Chairoman.

Selain itu, pria yang kerap disapa Bang Choi juga menjelaskan terkait dengan tujuan penyelenggaraan smart city adalah upaya untuk mewujudkan Kota Bekasi sebagai smart city, yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat dalam melakukan kegiatannya ataupun mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

“Kedepannya dalam penyelenggaraan kota cerdas atau smart city, diharapkan dapat memberikan program prioritas dalam mewujudkan sasaran tata kelola pemerintahan cerdas (smart governance) yang meliputi pelayan publik, manajemen birokrasi yang efisien, dan melakukan efisiensi terhadap kebijakan,” terangnya.

“Perda ini juga diharapkan dapat menghadirkan penyelenggaraan smart city dalam mewujudkan pencitraan daerah kota yang cerdas (smart branding) hal ini meliputi berbagai hal dalam membangun dan memasarkan ekosistem pariwisata (tourism branding) membangung platform dan memasarkan kota Bekasi itu sendiri (city appearance branding),” papar Chairoman.

Tak hanya kedua hal, pihaknya juga menjelaskan terkait dengan fungsi kedepan, nantinya Perda ini akan memberikan support pada penyelenggaraan smart city dalam mewujudkan sasaran ekonomi cerdas (Smart Economy), kehidupan cerdas (smart living), masyarakat yang cerdas (Smart Society), dan lingkungan hidup yang cerdas (Smart Environment). (rdk)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Baca Lainnya

Bekasi Darurat Tawuran Pelajar, Praktisi Desak Bentuk Satgas Peduli Pendidikan

30 Mei 2024 - 17:20 WIB

FPKS Raih Penghargaan TPR Award, Heri Koswara: Kita Turut Senang dan Bangga

11 Mei 2024 - 10:55 WIB

Muzani Hadiri Kontes Sapi APPSI, Singgung Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

7 Mei 2024 - 05:19 WIB

Audiensi dengan BMPS, Pj Wali Kota Bekasi Ingatkan Disdik Tidak Menabrak Aturan yang Berlaku

30 April 2024 - 21:34 WIB

Soal PPDB, Kadisdik Bantah Pj. Wali Kota Bekasi Tolak Audiensi dengan BMPS

30 April 2024 - 11:06 WIB

PPDB Antara Intervensi Politik dan Dampak Luas Bagi Kerusakan Moral Bangsa

28 April 2024 - 18:25 WIB

Trending di Pendidikan