Menu

Mode Gelap
Serap Aspirasi Masyarakat Hj. Nur Azizah Tamhid Gelar Diskusi Publik Hubungan Pusat Dan Daerah Camat Purwokerto Timur Targetkan Imunisasi 95 Persen Antisipasi KLB Polio cVDPV2 Solidaritas Seribu Pemuda Kota Bekasi Akan Hadiri Orasi Politik Caleg Afrizal dan Romi Bareno Pj Wali Kota Bekasi Klarifikasi Terkait Isu Netralitas ASN Partai Ummat Desak Bawaslu Serius Tangani Indikasi Ketidaknetralan ASN Kota Bekasi

Hukum & Kriminalitas · 25 Sep 2021 10:38 WIB ·

Lapas Cikarang Lakukan Pelatihan Pencegahan dan Simulasi untuk Antisipasi Kebakaran


 Lapas Cikarang Lakukan Pelatihan Pencegahan dan Simulasi untuk Antisipasi Kebakaran Perbesar

SILUMANEWS.COM – Kabupaten Bekasi – Berdasarkan arahan Bapak Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Yasona H. Laoly), Lembaga Pemasyarakatan melaksanakan Pelatihan Pencegahan dan Simulasi Kebakaran yang
bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi sebagai langkah-langkah antisipasi dan deteksi dini gangguan keamanan dan tata tertib serta penanggulangan bencana di Lapas tersebut.

Kegiatan diikuti oleh Pejabat Struktural dan seluruh Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang yang juga melibatkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada hari Jumat, 24 September 2021.

Pelatihan ini diawali dengan pembekalan materi tentang unsur api, proses terjadinya api dan klasifikasi api. Pada kegiatan ini juga disampaikan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan perawatan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung di lapangan terkait penggunaan 2 (dua) jenis alat pemadam kebakaran yaitu secara modern dan tradisional.

Pada kegiatan praktek tersebut dilakukan pemadaman api dengan menggunakan alat pemadam kebakaran modern yaitu APAR dan alat pemadam kebakaran tradisional yaitu karung goni.Perwakilan pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan mengikuti kegiatan di lapangan dengan antusias.

Sebelum itu, Dinas Damkar Kabupaten Bekasi melakukan pengecekan dan uji kelayakan seluruh APAR di Lapas Kelas IIA Cikarang. Dengan adanya koordinasi Dinas Damkar Kabupaten Bekasi melalui kegiatan Pelatihan Pencegahan dan Simulasi Kebakaran, diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan petugas dan warga binaan untuk dapat menghindari serta menyelamatkan diri dalam keadaan bahaya darurat.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Baca Lainnya

Marak Tawuran Remaja Di Bekasi, Heri Koswara Minta Pemkot Bekasi Buat Gebrakan

30 Mei 2024 - 07:52 WIB

Tega Banget, Pencuri Spesialis Gasak Motor Buruh Bangunan Di Bekasi

25 Mei 2024 - 21:35 WIB

Curanmor di Tambun Beraksi Pagi-pagi, Pemiliknya Baru Beli hasil Gaji Setahun

25 Mei 2024 - 11:18 WIB

Aksi Curanmor Di Tambun Selatan Bekasi Kembali Terjadi

23 Mei 2024 - 20:57 WIB

Viral Di Medsos Bawa Clurit Hendak Tawuran, 14 Bocah Bekasi Diamankan Polsek Tarumajaya

17 April 2024 - 06:10 WIB

Awal Ramadan Ketua DPC KAI Bandar Lampung Gelar Program Bantuan Hukum Gratis Untuk Masyarakat

11 Maret 2024 - 23:25 WIB

Trending di Berita