Menu

Mode Gelap
Serap Aspirasi Masyarakat Hj. Nur Azizah Tamhid Gelar Diskusi Publik Hubungan Pusat Dan Daerah Camat Purwokerto Timur Targetkan Imunisasi 95 Persen Antisipasi KLB Polio cVDPV2 Solidaritas Seribu Pemuda Kota Bekasi Akan Hadiri Orasi Politik Caleg Afrizal dan Romi Bareno Pj Wali Kota Bekasi Klarifikasi Terkait Isu Netralitas ASN Partai Ummat Desak Bawaslu Serius Tangani Indikasi Ketidaknetralan ASN Kota Bekasi

Pendidikan · 23 Nov 2023 10:36 WIB ·

Ratusan Peserta Banjiri Seminar Parenting Strategi Pencegahan Bullying pada Anak Di Sukabumi


 Ratusan Peserta Banjiri Seminar Parenting Strategi Pencegahan Bullying pada Anak Di Sukabumi Perbesar

SILUMANEWS.COM – Sekolah Ibu Salimah Terpadu (SISTER) kembali menggelar Sekolah Ibu general dalam bentuk Seminar parenting dengan tema ‘Strategi Pencegahan Bullying pada Anak’ dengan pembicara Ibu Priatna Ayu Bestari S.Si.

Kegiatan dilaksanakan di Aula SMAK IT Al Ittihad Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi pada Ahad (19/112023) pukul 08.30 sampai 11.30 WIB dan dihadiri oleh 140 peserta dari perwakilan Kecamatan, Desa, Tokoh Masyarakat, Kepala Sekolah PAUD, TK dan RA sekecamatan Purabaya.

Menurut ketua PD Salimah Kabupaten Sukabumi, Any Tri Hendarini SP., M.Si kegiatan ini mendapat respon positif dan dari seluruh peserta karena selain temanya kontemporer juga sangat dibutuhkan bagi mereka yang haus dengan wawasan keilmuan.

“Sebagian peserta berharap Sekolah ibu General Salimah bisa dilaksanakan secara rutin di kecamatan Purabaya dengan melibatkan kerjasama dengan beberapa lembaga masyarakat seperti PKK atau Sekolah/dunia pendidikan,” ujarnya.

Any menjelaskan, bulliying menjadi salah satu isu hangat yang mengkhawatirkan akhir-akhir ini di Indonesia. Menurut KPAI, Indonesia menduduki peringkat kelima tertinggi dari 78 negara sebagai negara dengan kasus bullying pada pelajar.

Berdasarkan hasil riset dari Programme for International Students Assessment (PISA) 2018 yang menunjukkan bahwa 41,1% siswa di Indonesia mengaku pernah mengalami bullying. Padahal bulliying dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi para pihak terkait.

Oleh karenanya, kata Any perlu adanya pemahaman yang mendalam bagi para orang tua, guru, dan masyarakat umum terkait strategi pencegahan bullying pada anak agar terhindar dari berbagai dampak buruk bulliying.

Sementara, menurut Priatna Ayu Bestari S.Si. akrab dipanggil ibu Nana, menjadi penting bagi orang tua untuk mengetahui pengertian bullying, macam macam bullying, penyebab seseorang rentan menjadi pelaku bullying atau korban bullying, mengetahui dampak buruk bullying dan strategi pencegahan bullying bagi orang tua atau guru.

Indonesia gawat bulliying yaitu 41% siswa atau setara dengan 17,1 juta anak Indonesia pernah menjadi korban bullying. Cara menguatkan anak yaitu dengan memperbaiki akhlak sesuai ajaran Rasulullah dan mengajarkan akhlak baik kepada anak.

“Keluarga adalah satu-satunya pengaruh terpenting dalam kehidupan seorang anak. Oleh karena itu keluarga harus memiliki visi dan perencanaan terbaik, dapat membangun komunikasi terbuka, dan senantiasa berpikir positif. Beberapa hal yang harus dikuatkan dalam keluarga yaitu ketahanan agama, fisik, psikologis, ekonomi, dan sosial. Ketahanan keluarga penting untuk pendidikan anak. Demikian juga hubungan ayah ibu yang harmonis sangat penting untuk ketahanan anak,” imbuhnya.

Peran orang tua terkait kejadian bullying yaitu: ikut kelas parenting, membangun hubungan emosional yang kuat dengan anak, mengajarkan anak mengambil resiko, memikirkan solusi, mengajarkan anak strategi coping, menghargai kesalahan sebagai proses, menjadi teladan yang baik, berlaku positif kepada anak, mengajak anak bermain di luar ruangan, melakukan aktivitas menyenangkan bersama keluarga. (Any)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Komentar ditutup.

Baca Lainnya

Bekasi Darurat Tawuran Pelajar, Praktisi Desak Bentuk Satgas Peduli Pendidikan

30 Mei 2024 - 17:20 WIB

Audiensi dengan BMPS, Pj Wali Kota Bekasi Ingatkan Disdik Tidak Menabrak Aturan yang Berlaku

30 April 2024 - 21:34 WIB

Soal PPDB, Kadisdik Bantah Pj. Wali Kota Bekasi Tolak Audiensi dengan BMPS

30 April 2024 - 11:06 WIB

PPDB Antara Intervensi Politik dan Dampak Luas Bagi Kerusakan Moral Bangsa

28 April 2024 - 18:25 WIB

Nurul Ilmi Bilingual Integrated Islamic School (NIBIIS) Primary Gelar Sunatan Massal 2023

18 Desember 2023 - 23:30 WIB

Siswa Siswi NIBIIS-INISS Bekasi Galang Donasi Palestina Diacara Al Quran Focus 2023

28 November 2023 - 07:46 WIB

Trending di Pendidikan