Menu

Mode Gelap
Serap Aspirasi Masyarakat Hj. Nur Azizah Tamhid Gelar Diskusi Publik Hubungan Pusat Dan Daerah Camat Purwokerto Timur Targetkan Imunisasi 95 Persen Antisipasi KLB Polio cVDPV2 Solidaritas Seribu Pemuda Kota Bekasi Akan Hadiri Orasi Politik Caleg Afrizal dan Romi Bareno Pj Wali Kota Bekasi Klarifikasi Terkait Isu Netralitas ASN Partai Ummat Desak Bawaslu Serius Tangani Indikasi Ketidaknetralan ASN Kota Bekasi

Komunitas · 6 Okt 2023 10:24 WIB ·

Disdik Kabupaten Bekasi Gelar Bimtek “Capacity Building” Bunda PAUD


 Disdik Kabupaten Bekasi Gelar Bimtek “Capacity Building” Bunda PAUD Perbesar

Oleh: DR. Diyah Yuli Sugiarti

SILUMANEWS.COM – Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar. Penyelenggaraan PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohaninya.

PAUD memiliki lima fungsi dasar, yakni : (1) pengembangan potensi, (2) penanaman dasar-dasar akidah keimanan, (3) pembentukan dan pembiasaan perilaku yang diharapkan, (4) pengembangan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan, serta (5) pengembangan.

Mutu PAUD akan mempengaruhi mutu jenjang pendidikan sekolah berikutnya. Dalam rangka membangun akses dan pemerataan PAUD serta peningkatan mutu layanan PAUD di kabupaten Bekasi maka Dinas pendidikan kabupaten Bekasi yakni bidang pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Capacity Building Bunda Paud, yang diselenggarakan di Hotel Grand Cikarang, selama 2 hari (5-6 Oktober 2023). Dalam acara ini disebutkan bahwa layanan PAUD di kabupaten Bekasi meliputi kualitas; 1) sehat, 2) cerdas, 3) ceria dan 4) berakhlak. Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta dari berbagai undangan di antaranya ibu-ibu camat sebagai Bunda PAUD kecamatan dan praktisi PAUD serta pihak-pihak yang terkait dengan penyelenggaraan PAUD baik institusi pemerintah, swasta atau tokoh masyarakat.

Tri Handayani sebagai pembicara menghimbau perlunya partisipasi masyarakat untuk perbaikan Sumber daya manusia PAUD, menurunkan stunting dan meningkatkan mutu layanan PAUD. Tidak kalah penting peran para bunda PAUD dari tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa agar peningkatan mutu layanan PAUD lebih merata dan meluas. Sayangnya dalam acara tersebut ibu-ibu kepala desa/lurah tidak hadir.

Berbicara peningkatan tentu tak lepas dari permasalahan anggaran. Perlu diupayakan sinergi untuk mengatasi kendala dana PAUD. Karena bantuan pemerintah memiliki keterbatasan. Salah satu kendala dana PAUD ternyata bisa didapat dari anggaran dana desa, untuk peningkatan mutu layanan PAUD, saat ini dari 180 desa baru 9 desa yang menganggarkan dana desanya untuk membantu sarana dan prasarana PAUD. Serta peningkatan mutu layanan PAUD.

Melalui kegiatan ini diharapkan ibu camat sebagai bunda PAUD dapat ada membantu mensosialisasikan peran penting mutu layanan PAUD ke desa-desanya melalui pengukuhan bunda PAUD desa. Dengan harapan PAUD akan akan lebih berkembang dan meluas.

Pada hari pertama seluruh pihak terutama yang hadir di acara tersebut diminta memiliki komitmen untuk menjalankan layanan mutu PAUD. Sebagai penguat komitmen maka dilakukan Deklarasi bersama yang berbunyi
“Kami berkomitmen menjalankan layanan PAUD Qsehat, cerdas. Ceria dan berakhlak menuju generasi emas.”

Selanjutnya materi dilanjutkan dengan pembekalan pembekalan PAUD untuk menjadi satuan lembaga pendidikan (sekolah) yang sehat.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Komentar ditutup.

Baca Lainnya

Bangga dengan Prestasi Anak-Anaknya, Orang Tua Siswa Apresiasi Sekolah MI Plus Annur Bekasi

22 Juni 2024 - 21:04 WIB

Bekasi Darurat Tawuran Pelajar, Praktisi Desak Bentuk Satgas Peduli Pendidikan

30 Mei 2024 - 17:20 WIB

Tingkatkan Sinergitas, Pemkot Bekasi Hadiri Muscab II Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI)

7 Mei 2024 - 11:12 WIB

Audiensi dengan BMPS, Pj Wali Kota Bekasi Ingatkan Disdik Tidak Menabrak Aturan yang Berlaku

30 April 2024 - 21:34 WIB

Soal PPDB, Kadisdik Bantah Pj. Wali Kota Bekasi Tolak Audiensi dengan BMPS

30 April 2024 - 11:06 WIB

PPDB Antara Intervensi Politik dan Dampak Luas Bagi Kerusakan Moral Bangsa

28 April 2024 - 18:25 WIB

Trending di Pendidikan