Menu

Mode Gelap
Serap Aspirasi Masyarakat Hj. Nur Azizah Tamhid Gelar Diskusi Publik Hubungan Pusat Dan Daerah Camat Purwokerto Timur Targetkan Imunisasi 95 Persen Antisipasi KLB Polio cVDPV2 Solidaritas Seribu Pemuda Kota Bekasi Akan Hadiri Orasi Politik Caleg Afrizal dan Romi Bareno Pj Wali Kota Bekasi Klarifikasi Terkait Isu Netralitas ASN Partai Ummat Desak Bawaslu Serius Tangani Indikasi Ketidaknetralan ASN Kota Bekasi

Gaya Hidup · 14 Des 2021 16:02 WIB ·

Tugu Asem Jaya Ikonik Kebanggaan Warga Mustikajaya


 Tugu Asem Jaya Ikonik Kebanggaan Warga Mustikajaya Perbesar

SILUMANEWS.COM – Kampung Ciketing, Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, yang dikenal dengan daerah Asem, kini memiliki tugu ikonik khas daerahnya. Namanya, Tugu Asem Jaya.

Bukan hanya milik warga Mustikajaya, Tugu Asem Jaya juga menambah tugu milik warga Kota Bekasi, seperti Tugu Perjuangan, di Jalan KH Agus Salim, Bekasi Timur.

Berada di perempatan Jalan Rawa Mulya, puncak Tugu Asem ini dihiasi buah asem raksasa dengan pondasi tugu berasal dari batang pohon asem asli. Sebelum menjadi tugu, di perempatan Asam Jaya ini berdirilah sebuah pohon asem raksasa. Lantaran usianya sudah tua, pertanda itu diganti menjadi tugu.

Ketua Panitia Peresmian Tugu Asem jaya, Darwono menceritakan, Tugu Asem sudah dikenal di kalangan masyarakat Bekasi, bahkan komunitas gowes juga dinamakan Gowes Asem. Ini menjadi identitas kampung dan tugu ikon di Kota Bekasi, kata Darwono, sambil menunjukan Prasasti Bertanda tangan walikota Bekasi tanda diresmikannya Tugu Asem Jaya, Minggu (12/12/2021) sore.

Tugu Asem Jaya baru saja diresmikan pada Minggu, (12/12) oleh Walikota Bekasi, Rahmat Effendi dengan Tanda tangan di atas Prasasti, Tampak Hadir, Camat Mustikajaya Gutus Hermawan, Sekretaris Kecamatan Farid Wadji, Lurah Mustikajaya M. Sunaryadi dan tokoh masyarakat Kampung Ciketing.

Daerah Asem sangat kental dengan adat istiadat Betawi budaya Betawi, mulai dari seni tari hingga pencak silat dan sanggar seni di Mustikajaya.

Sekilas Tentang Tugu Asem, banyak cerita sejarah yang diwariskan oleh para orang tua terdahulu. Konon, daerah Asem menjadi benteng pertahanan perjuangan pada masa kerajaan Mataram.

Sejarah yang begitu panjang ini patut dimonumenkan lewat tugu untuk mengingat perjuangan masyarakat Asem, Mustikajaya. “Anak-anak sekarang punya cerita sendiri dan lebih menghormati budaya daerahnya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Baca Lainnya

Bangga dengan Prestasi Anak-Anaknya, Orang Tua Siswa Apresiasi Sekolah MI Plus Annur Bekasi

22 Juni 2024 - 21:04 WIB

Bekasi Darurat Tawuran Pelajar, Praktisi Desak Bentuk Satgas Peduli Pendidikan

30 Mei 2024 - 17:20 WIB

Audiensi dengan BMPS, Pj Wali Kota Bekasi Ingatkan Disdik Tidak Menabrak Aturan yang Berlaku

30 April 2024 - 21:34 WIB

Soal PPDB, Kadisdik Bantah Pj. Wali Kota Bekasi Tolak Audiensi dengan BMPS

30 April 2024 - 11:06 WIB

PPDB Antara Intervensi Politik dan Dampak Luas Bagi Kerusakan Moral Bangsa

28 April 2024 - 18:25 WIB

Nurul Ilmi Bilingual Integrated Islamic School (NIBIIS) Primary Gelar Sunatan Massal 2023

18 Desember 2023 - 23:30 WIB

Trending di Charity